Browse By

Bukti Yesus Adalah Allah

Tulisan ini adalah tulisan lanjutan dari artikel Apakah Yesus Pernah Berkata Dia Adalah Allah? Dalam artikel yang saya tulis di Kompasiana, beberapa orang mempermasalahkan tulisan saya yang mengatakan bahwa “Yesus adalah Allah”. Sebagian berkata, “Ayat mana yang menulis bahwa Yesus mengatakan bahwa diri-Nya adalah Allah?”, atau “Kapan Yesus berkata bahwa Aku adalah Allah, sembahlah Aku?” dan berbagai pertanyaan serupa.

Melihat komentar seperti ini saya jadi berpikir dan merasa tertantang. Konsep yang berkembang selama ini mengatakan bahwa Yesus dari Nazaret tidak pernah mengatakan bahwa diri-Nya adalah kudus dan Anak Allah. Tapi bagaimana yang sebenarnya? Apakah Yesus betul-betul berkata bahwa Dia adalah Allah? Adakah bukti Yesus adalah Allah?

Bukti Yesus adalah Allah

Bukti Yesus adalah Allah. Jesus is the way, the truth, and the life.

Bukti Yesus Adalah Allah

Di artikel kali ini saya akan membagikan beberapa poin yang mungkin membantu kita untuk menjelaskan ini kepada saudara-saudara yang lainnya. Selamat membaca teman-teman!

Dalam pelayanannya, Yesus sering sekali mengungkapkan kedekatan-Nya dengan Allah Bapa melalui Firman yang diucapkan-Nya. Hubungan ini begitu unik dan intim, hingga kita sampai pada satu kesimpulan bahwa Yesus adalah Allah itu sendiri. Berikut 10 firman yang diucapkan Yesus menunjuk kepada Pribadi Allah.
  1. Mengenal Yesus berarti mengenal Allah: “Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapaku” (Yohanes 14:7)
  2. Melihat Yesus berarti melihat Allah: “Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa” (Yohanes 14:9).
  3. Meyakini Yesus berarti meyakini Allah: “Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku” (Yohanes 14:11).
  4. Percaya kepada Yesus berarti percaya kepada Allah: “Percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku” (Yohanes 14:1).
  5. Menyambut Yesus berarti menyambut Allah: “Dan barangsiapa menyambut Aku, bukan Aku yang disambutnya, tetapi Dia yang mengutus Aku” (Markus 9:37).
  6. Menghormati Yesus berarti menghormati Bapa: “supaya semua orang menghormati Anak sama seperti mereka menghormati Bapa” (Yohanes 5:23).
  7. Membenci Yesus berarti membenci Allah: “Barangsiapa membenci Aku, ia membenci juga Bapa-Ku” (Yohanes 15:23).
  8. Datang kepada Yesus berarti datang kepada Allah: “Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (Yohanes 14:6).
  9. Mengasihi Yesus berarti mengasihi Allah: “Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia dikasihi oleh Bapaku” (Yohanes 14:21).
  10. Menuruti Yesus berarti menuruti Allah: “Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia” (Yohanes 14:23).

Ayat-ayat di atas membuktikan bahwa Yesus tidak hanya berkata “Aku adalah Allah”, namun Dia memperlengkapi pengakuan ke-Allah-an-Nya dengan firman-firman lainnya. Bukti Yesus adalah Allah. Semuanya menyatakan hubungan yang pararel, mengenal Yesus sama dengan mengenal Allah, menuruti Yesus sama dengan menuruti Allah, menyembah Yesus sama dengan menyembah Allah.

Ya, Yesus adalah Allah. Dan, Allah adalah Yesus.

Jesus is God, and God is Jesus.

sumber gambar : blogspot

Recommended for you

4 thoughts on “Bukti Yesus Adalah Allah”

  1. icha says:

    mana kata2 yesus kalau dia itu tuhan.. dan suruh menyembah dia( yesus)..???

    Mengenal, meyakini, menyambut menghormati menuruti Yesus berarti mengenal , meyakini, menyambut menghormati menuruti Allah>> ya jelas karena semua apa yg yesus ajarkan dan katakan adalah kata2 dr Allah.. sehingga kalau ingin mengenal Allah harus mengenal yesus sang Utusan Tuhan.. kalau ingin menghormati Allah ya hormatin utusannya ikutin ajran yesus yang berasal dr allah bukan ajaran paulus.. dan malah menyamakan yesus dg Allah.. karena Allah dan yesus berbeda,. tidak mungkin yg mengutus sama dg yg di utus.. dan yesus pun bilang bahwa Allah lebih besar dr yesus.. dan yesus menyeru hanya untuk menyembah Allah yg Esa bukan menyembah yesus..

    Matius 7 : 21 – 23 :
    “Bukan setiap orang yang berseru kepadaKu : Tuhan, Tuhan.! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak BapaKu yang ada di sorga”.
    >> apakah kalian smua sudah mengikuti kehendak bapa yesus contohnya>> gak bikin patung gak makan babi (yg sudah diubah menjadi babi hutan=kapan tuhan merubahnya) gak minum alkohol sunat memuliakan hari sabat menyembah kepada allah dan melestarikan hukum taurat?? tidak kan?? tp kalian lebih mengikuti ajaran paulus yg bertentangan dg ajaran yesus..

    “Pada hari terakhir banyak orang akan akan berseru kepadaKu : Tuhan Tuhan, bukankah kami bernubuat demi namaMu, dan mengusir setan demi namaMu dan mengadakan banyak mukjizat demi namaMu juga.?”

    “Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata : “Aku tidak pernah mengenal kamu.! Enyahlah dari padaKu, kamu sekalian pembuat kejahatan”.

    Nah……. Apakah ayat dan ucapan Yesus tersebut diatas, belum juga jelas bahwa……. YESUS SANGAT MARAH DIPANGGIL TUHAN……..???

    1. Nugroho Sihombing says:

      Terimakasih sudah mau membaca Alkitab ya Icha…
      Dalam Yohanes 10:30, Yesus berkata bahwa “Aku [Yesus] dan Bapa [Allah] adalah satu.” Saat itu orang-orang Yahudi langsung mengambil batu untuk melempari Yesus, mereka mau membunuh Yesus! Pertanyaannya MENGAPA? “Karena Engkau,” kata mereka, “menghujat Allah dan sekalipun hanya seorang manusia saja, menyamakan diri-Mu dengan Allah” (Yohanes 10:33).

      Dulu saat orang Yahudi mendengar kata Yesus ini saja mereka langsung paham. Mereka paham ketika Yesus menyatakan diri-Nya dan Allah adalah satu, Yesus sedang berkata Dia adalah Allah. Masakan Anda masih belum mengerti…

      Kalau Anda sudah paham konsekuensi Allah adalah Yesus dan Yesus adalah Allah, semua pertanyaan Anda otomatis terjawab.

    2. Nugroho Sihombing says:

      Tanggapan untuk Matius 7:21-23
      Di sebelah mana dari Matius 7:21-23 disebutkan gak bikin patung gak makan babi? Tidak ada! Tulisan Anda hanya manipulasi ayat Alkitab saja. Memang ada sebagian umat yang tertipu dengan tafsiran akrobatik begini, sedangkan umat yang memahami Alkitab dengan baik tidak akan tertipu teknik kelas rendah begini.

      Salah sekali jika Anda memenggal ayat tersebut, hanya membacanya sebagian. Agar ayat tersebut dapat dipahami dengan benar, bacalah dari ayat 15 hingga ayat 29.

      Orang-orang yang berseru “Tuhaaaaan!! Tuhaaaan!!” tapi tidak masuk surga yang dimaksudkan dalam ayat 21-23 adalah NABI PALSU (lihat ayat 15, sebab ayat 21-23 masih kelanjutan dari ayat 15). Bukan ORANG KRISTEN seperti yang Anda pikirkan. Yesus sangat marah sama NABI PALSU.

      Nabi palsu ini berseru siang-malam pagi-petang “Tuhaaaaaan!! Tuhaaaaaan!!!”dan dengan berseru-seru begitu, nabi palsu itu berharap masuk surga. Banyak orang yang tertipu oleh perkataan mulut nabi palsu itu. Lalu Yesus memberi petunjuk bagaimana cara mengenali nabi palsu tersebut, yaitu: dari buah perbuatannya, bukan dari kata-kata “Tuhaaaaan!! Tuhaaaan!!” yang ke luar dari mulutnya. (lihat ayat 16-20).

      Terkadang tafsiran kita membaca tafsir plesetan terhadap ayat ini direkayasa sedemikian rupa sehingga seolah-olah merujuk ke Petrus atau Paulus. Anda salah jika berkata ajaran Paulus beda dengan ajaran Yesus.

  2. Ozy says:

    Jika Yesus itu Tuhan lalu Bapa itu siapa?

Leave a Reply

Your email address will not be published.