Browse By

Apakah Kamu Tahu Tentang Yesus?

Alkitab berkata bahwa Yesus adalah Allah yang berinkarnasi. Allah yang menjadi manusia. Yesus adalah Anak Allah, kekal untuk selama-lamanya. Hanya Dialah yang bisa mengampuni dan memberikan kita keselamatan. Tapi, bagaimana dengan kamu? Apakah kamu tahu tentang Yesus?

Penulis Kitab Ibrani berkata, “Setelah pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi, maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta. Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi” (Ibrani 1:1-3).

Apakah Kamu Tahu Tentang Yesus

Apakah Kamu Tahu Tentang Yesus

Apakah Kamu Tahu Tentang Yesus?

Banyak yang percaya bahwa Yesus pernah tampil dalam sejarah dunia, lahir di dunia ini. Tapi mereka menolak Yesus adalah Tuhan. Mereka menganggap Yesus hanyalah guru yang baik dan orang spiritual. Orang yang suci dan bisa melakukan perbuatan ajaib. Itu tidaklah benar. Kita harus berhati-hati dan mempercayai Yesus sendiri. Seperti yang tertulis di dalam 2 Korintus 11:3, “[Janganlah] pikiran kamu disesatkan dari kesetiaan kamu yang sejari kepada Kristus.”

Ini adalah tujuh deklarasi dan perbuatan Yesus yang menunjukkan bahwa Dia adalah Tuhan.

1. Yesus berkata tentang diri-Nya

Matius 26:63-65 “Tetapi Yesus tetap diam. Lalu kata Imam Besar itu kepada-Nya: “Demi Allah yang hidup, katakanlah kepada kami, apakah Engkau Mesias, Anak Allah, atau tidak.” Jawab Yesus: “Engkau telah mengatakannya. Akan tetapi, Aku berkata kepadamu, mulai sekarang kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit.” Maka Imam Besar itu mengoyakkan pakaiannya dan berkata: “Ia menghujat Allah. Untuk apa kita perlu saksi lagi? Sekarang telah kamu dengar hujat-Nya.”

Yohanes 8:58-59 Kata Yesus kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada.” Lalu mereka mengambil batu untuk melempari Dia; tetapi Yesus menghilang dan meninggalkan Bait Allah.

Yohanes 10:30-33 “Aku dan Bapa adalah satu.” Sekali lagi orang-orang Yahudi mengambil batu untuk melempari Yesus. Kata Yesus kepada mereka: “Banyak pekerjaan baik yang berasal dari Bapa-Ku yang Kuperlihatkan kepadamu; pekerjaan manakah di antaranya yang menyebabkan kamu mau melempari Aku?” Jawab orang-orang Yahudi itu: “Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan karena Engkau, sekalipun hanya seorang manusia saja, menyamakan diri-Mu dengan Allah.”

Yohanes 14:8-9 Kata Filipus kepada-Nya: “Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami.” Kata Yesus kepadanya: “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.

2. Yesus berkata bahwa Ia datang dari sorga

Yohanes 6: 38 “Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku.”

Yohanes 16:28 “Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; Aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa.”

3. Yesus berkata bahwa Ia tidak berbuat dosa, sama seperti Bapa di sorga yang suci dan sempurna

Yohanes 8:46 “Siapakah di antaramu yang membuktikan bahwa Aku berbuat dosa? Apabila Aku mengatakan kebenaran, mengapakah kamu tidak percaya kepada-Ku?”

4. Yesus berkuasa mengampuni dosa

Markus 2:5 Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: “Hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni!”

Lukas 7:48-49 Lalu Ia berkata kepada perempuan itu: “Dosamu telah diampuni.” Dan mereka, yang duduk makan bersama Dia, berpikir dalam hati mereka: “Siapakah Ia ini, sehingga Ia dapat mengampuni dosa?”

5. Yesus berkata bahwa Ia adalah satu-satunya jalan menuju Bapa di sorga

Yohanes 14:6 Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Yohanes 11:25 Jawab Yesus: “Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati,

6. Yesus menerima penyembahan bahwa Dia adalah Tuhan

Matius 14:33 Dan orang-orang yang ada di perahu menyembah Dia, katanya: “Sesungguhnya Engkau Anak Allah.”

Yohanes 9:36-38 Jawabnya: “Siapakah Dia, Tuhan? Supaya aku percaya kepada-Nya.” Kata Yesus kepadanya: “Engkau bukan saja melihat Dia; tetapi Dia yang sedang berkata-kata dengan engkau, Dialah itu!” Katanya: “Aku percaya, Tuhan!” Lalu ia sujud menyembah-Nya.

7. Yesus melakukan banyak mujizat, menyembuhkan yang sakit dan membangkitkan orang mati.

Matius 4:23 Yesuspun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu.

Matius 17:18 Dengan keras Yesus menegor dia, lalu keluarlah setan itu dari padanya dan anak itupun sembuh seketika itu juga.

Lukas 8:50-55 Tetapi Yesus mendengarnya dan berkata kepada Yairus: “Jangan takut, percaya saja, dan anakmu akan selamat.” Setibanya di rumah Yairus, Yesus tidak memperbolehkan seorangpun ikut masuk dengan Dia, kecuali Petrus, Yohanes dan Yakobus dan ayah anak itu serta ibunya. Semua orang menangis dan meratapi anak itu. Akan tetapi Yesus berkata: “Jangan menangis; ia tidak mati, tetapi tidur.” Mereka menertawakan Dia, karena mereka tahu bahwa anak itu telah mati. Lalu Yesus memegang tangan anak itu dan berseru, kata-Nya: “Hai anak bangunlah!” Maka kembalilah roh anak itu dan seketika itu juga ia bangkit berdiri. Lalu Yesus menyuruh mereka memberi anak itu makan.

Lukas 7:12-15 Setelah Ia dekat pintu gerbang kota, ada orang mati diusung ke luar, anak laki-laki, anak tunggal ibunya yang sudah janda, dan banyak orang dari kota itu menyertai janda itu. Dan ketika Tuhan melihat janda itu, tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan, lalu Ia berkata kepadanya: “Jangan menangis!” Sambil menghampiri usungan itu Ia menyentuhnya, dan sedang para pengusung berhenti, Ia berkata: “Hai anak muda, Aku berkata kepadamu, bangkitlah!” Maka bangunlah orang itu dan duduk dan mulai berkata-kata, dan Yesus menyerahkannya kepada ibunya.

Yohanes 11:43-44 Dan sesudah berkata demikian, berserulah Ia dengan suara keras: “Lazarus, marilah ke luar!” Orang yang telah mati itu datang ke luar, kaki dan tangannya masih terikat dengan kain kapan dan mukanya tertutup dengan kain peluh. Kata Yesus kepada mereka: “Bukalah kain-kain itu dan biarkan ia pergi.”

Lukas 24:5-8 Mereka sangat ketakutan dan menundukkan kepala, tetapi kedua orang itu berkata kepada mereka: “Mengapa kamu mencari Dia yang hidup, di antara orang mati? Ia tidak ada di sini, Ia telah bangkit. Ingatlah apa yang dikatakan-Nya kepada kamu, ketika Ia masih di Galilea, yaitu bahwa Anak Manusia harus diserahkan ke tangan orang-orang berdosa dan disalibkan, dan akan bangkit pada hari yang ketiga.” Maka teringatlah mereka akan perkataan Yesus itu.

Kini, Apakah Kamu Tahu Tentang Yesus?

Begitu banyak yang dikatakan Alkitab mengenai Yesus Kristus. Dia adalah Allah yang sejati. Namun Dia mau meninggalkan sorga, turun ke dalam dunia, menjadi sama dengan manusia. Dia merasakan apa yang saya dan teman-teman rasakan, Dia merasakan kelemahan manusia. Hingga akhir hidupnya, Dia tetap mengasihi manusia. Dia menebus dosa manusia lewat kematiannya di kayu salib. Ya, Yesuslah Tuhan. Yesuslah raja. Yesuslah penyelamat!

Sumber Gambar : BlogSpot

Recommended for you

4 thoughts on “Apakah Kamu Tahu Tentang Yesus?”

  1. Fiktorida koilmadi says:

    Yesus adalah anak Alah Yang pertama dan yg terkemudian, yg awal dan yg akhir

  2. Anton Skw says:

    Sangat menarik, saya mau bergabung dengan anda untuk mendapatkan pencerahan.
    Semoga anda mau menerima saya, oh ya kenalkan nama saya anton ,suku dayak embaloh (asli).
    Saya tertarik dengan pembahasan anda tentang yesus. Kontek saya melalui email ini :[email protected]
    Terima kasih sebelumnya

  3. Anton Skw says:

    Anda mengatakan Yesus anak Alah Yang pertama dan kemudian, yang awal dan yg akir, benarkah demikian ?

    Bagaimana dengan Melkisedek, bukankah dia lebih hebat dari yesus , didalam injil dia diceritakan bahwa Melkisedek tidak punya bapak dan tidak punya ibu, hidupnya tiada awal dan tiada akhir hidup tidak berkesudahan. Dia yang awal dan dia yang akhir, dia alfa dan omega. Hidupnya pada zaman nabi musa sehingga nabi musa memberi upeti kepadanya.

    Jadi mana hebat dengan Yesus ?

    1. Daniel Sihombing says:

      Salam untuk Anton, silahkan baca beberapa ulasan kami mengenai siapa Yesus itu.
      Ada tujuh deklarasi dan perbuatan Yesus yang menunjukkan bahwa Dia adalah Tuhan. Karena Dia Tuhan, Dia berkuasa untuk mengampuni dosa. Tidak pernah ada pengampunan dosa hanya karena kita berbuat baik (zakat, memberi bantuan kepada yang kekurangan). Ia telah menggantikan posisi kita (manusia yang berdosa) menjadi suci dan benar kembali. Dan karena Dia adalah Tuhan, kami percaya dan beriman kepada-Nya.

      Saya rasa itulah hal paling esensial. Bukan soal tiada berawal atau tiada berkesudahan. Tapi apakah dampaknya bagi hidup kita sekarang. Yesus berdampak. Hidup manusia yang jauh dari Allah kini menjadi dekat. Jadi, maaf kalau “takaran kehebatan” yang kami pakai bukan soal kekayaan, atau kekuasaan yang dimiliki. Tapi soal dampak bagi orang lain. Yesus sudah membuktikan dampaknya saat mati di kayu salib kemudian bangkit.

      Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published.