Browse By

Alkitab dan Al-Quran: Sebuah Perbandingan

Alkitab dan Al-Quran, dua kitab suci agama di dunia, yakni Kristen dan Islam. Keduanya kadang menceritakan hal yang mirip, namun tidak sedikit pula hal yang bertentangan. Kali ini, setelah membaca beberapa referensi dan artikel serta komentar berbagai sumber, saya ingin membahas mengenai perbedaan Alkitab dan Al-Quran.

Alkitab dan Al-Quran: Sebuah Perbandingan

Alkitab dan Al-Quran

Alkitab dan Al-Quran

Untuk artikel ini, saya ingin membahas mengenai asal mulanya.

Kitab Suci Agama Kristen yaitu Alkitab. Para penulisnya adalah orang-orang beriman dari bermacam-macam suku, pekerjaan, status sosial yang berbeda, hidup mereka pun terpisah dalam rentang waktu ribuan tahun. Tapi dengan bantuan Roh Kudus, mereka dipimpin untuk menyaksikan iman mereka. Mereka bersaksi lewat tulisan.

Sedangkan Al-Quran, dikisahkan bahwa Al-quran diturunkan ke Muhammad selama kurun waktu 22-23 tahun, ayat demi ayat, ke dia sendiri, seorang yang tidak bisa baca tulis. Semua itu berupa firman, firman yang datang dari Tuhan, yang diturunkan dari surga, diceritakan melalui malaikat Jibril. Mungkin 6666 ayat keseluruhannya. Dan semua itu dijadikan kitab, bernama Al-Quran.

Recommended for you

Baca Halaman Selanjutnya — 1 2

16 thoughts on “Alkitab dan Al-Quran: Sebuah Perbandingan”

  1. Pengikut Yesus says:

    terimakasih atas artikelnya. Tuhan memberkati.

    1. shacidiva says:

      Memang kehadiran quran/islam itu utk memotivasi/menguji umat pilihan Allah dlm menghadapi manusia2 duniawi yg rasional yg buta sama sekali soal hal2 yg rohani. Kalau saja umat Kristen tdk berantung sepenuhnya pd janji2 Tuhan Yesus maka pasti goyah dan itu sdh terjadi kpd beberapa org. Apa lagi kita juga menghadapi liberalisme.

  2. shacidiva says:

    Qs 43 : 4 Alkitab adalah induk alquran. Jadi jelas quran itu nyontek alkitab

    1. Nugroho says:

      Untuk shacidiva, bisa sharing lagi pendapat soal alquran dan alkitab? Semoga makin banyak yg bisa baca.

    2. Ozy says:

      QS 43:4 وَإِنَّهُ فِي أُمِّ الْكِتَابِ لَدَيْنَا لَعَلِيٌّ حَكِيمٌ
      “Dan sesungguhnya Al Quran itu dalam induk Al Kitab (Lauh Mahfuzh) di sisi Kami, adalah benar-benar tinggi (nilainya) dan amat banyak mengandung hikmah.”

      Terjemahan shahih internasional:
      “And indeed it is, in the Mother of the Book with Us, exalted and full of wisdom.”

      Makna Al Kitab di sini bukanlah Al Kitab yang menjadi pegangan umat kristiani. Tetapi merupakan Lauh Mahfuzh yaitu kitab yang terpelihara yang berisi segala informasi mengenai kehidupan ini. Jadi maksud ayat ini adalah Al Qur’an merupakan bagian dari sebuah kitab yang berisi segala informasi yang terpelihara dari perubahan.

      Jika dilihat terjemahan Internasionalnya Al Kitab diterjemahkan sebagai Mother of The Book (Lauh Mahfuzh) bukan bible

      Jelas bahwa pernyataan Al Qur’an adalah contekan dari Alkitab seperti yang anda ucapkan hanyalah tuduhan tanpa bukti.

    3. Ozy says:

      QS 43 :4
      وَإِنَّهُ فِي أُمِّ الْكِتَابِ لَدَيْنَا لَعَلِيٌّ حَكِيمٌ
      “Dan sesungguhnya Al Quran itu dalam induk Al Kitab (Lauh Mahfuzh) di sisi Kami, adalah benar-benar tinggi (nilainya) dan amat banyak mengandung hikmah.”

      Terjemahan shahih internasional
      “Indeed, We have made it an Arabic Qur’an that you might understand.”

      Makna Al Kitab di sini bukanlah Al Kitab sebagaimana kitab suci umat kristiani melainkan bermakna Lauh Mahfuzh yaitu kitab yang terjaga yang berisi segala informasi tentang kehidupan ini. Maksud ayat di atas adalah bahwa Al Qur’an merupakan bagian dari kitab yang berisi segala informsi yang terjaga dari segala perubahan.

      Jika kita lihat terjemahan internasionalnya Al Kitab diterjemahkan sebagai Mother of Book (Lauh Mahfuzh) bukan Bible.

      Jelaslah bahwa Al Qur’an bukanlah contekan Alkitab. Pernyataan yang anda tulis hanyalah tuduhan tanpa bukti.

    4. Ozy says:

      Seandainya memang benar Al Qur’an adalah contekan Alkitab. Adakah di Alkitab tercantum
      “Katakanlah: “Dialah Allah, Yang Maha Esa.Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan,dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia”

    5. kim lim says:

      Maaf sebelumnya.. dalam kristen mengenal trinitas.. dalam trinitas mengenal yesus adalah Tuhan. Lalu yesus disalibkan.. jadi apakah Tuhan dibunuh oleh manusia??
      Kedua adalah maria magdelena, dia dikenal sebagai murid yesus. Jadi sebagian besar dia mengetahui kehidupan yesus, tetapi di dalam alkitab. Tidak menerangkan sebagian besar kehidupan tentang maria magdalena??
      Ketiga adalah Yudas iskariot. Dia yang menjual yesus kan.. tapi di dalam alkitab tidak diterangkan dimana yudas iskariot setelah menjual yesus??

      Mohon penjelasannya

      Terima kasih

    6. see lom says:

      maaf sebelumnya..
      dalam agama kristen dikenal trinitas. dimana diketahui Yesus adalah Tuhan. Yesus kan disalibkan. jadi apakah mungkin Tuhan dibunuh oleh manusia???
      kedua yaitu maria magdalena. dia adalah salah satu pengikut Yesus. jadi dia mengetahui sebagian besar kehidupan Yesus. tetapi di dalam alkitab tidak menjelaskan secara luas tentang kehidupan maria Magdalena??
      ketiga adalah Yudas Iskariot, orang yang menjual yesus. di dalam alkitab juga tidak dijelaskan dimana Yudas Iskariot setelah menjual Yesus??..

      Mohon penjelasannya

      terima kasih

    7. pencari kebenaran dan kebaikan says:

      Ma’af Sebelum-Nya.
      Kalau memang Al-Qur’an itu menyontek, coba kalian samain.
      Lagi pula bagaimana Nabi Muhammad Saw menyontek Al-Kitab.
      Dia Hanya tau Bahasa Arab saja, Dia tidak mengerti Bahasa Ibrani, Aram maupun Yunani.
      Dan ia juga tidak bisa baca tulis.
      Al-Kitab memang di tuliskan lebih dulu Dari Al-Qur’an.
      Tapi masih masih jarang orang yg memiliki Al-Kitab Krana Harganya masih sangat mahal,
      hanya orang2 tertentu yg punya, karna pada waktu itu masih belum di temukannya kertas.
      Sedangkan Pembukuan Al-Qur’an Sudah ada langsung pada waktu itu,
      karna bangsa Arab satu2nya yang membongkar pembuatan kertas pada waktu itu yang di sembunyikan oleh bangsa2 cina.
      Dan Al-Qur’an itu di wajibkan untuk di hafal walau hanya saurat2 pendek saja.

      Al-Qur’an Adalah Sepenuh-Nya firman Allah, karna perkataan, perbuatan, dan kisah2 rasulluwlah itu di muat dalam hadit’s.
      Berbeda dengan Al-Kitab yg tercampur perkataannya Yessus, Murid, Orang2 lain, Paulus dan lain2.
      Jadi jika kita menyebutkan Al-Kitab itu sepenuh-Nya firman Allah itu tidak mungkin, karna di sana sudah tercampur baur oleh percakapan2 dan perkataan2 yang lain, bahkan kita tidak tau apakah itu Allah yg sedang berfirman atau itu Yessus sendiri yang sedang bicara.
      Bahkan makna dari yg sebenarnya sering berubah2, apalagi setelah di terjemahkan. seperti dalam kasus kata Tuan menjadi Tuhan di indonesia, dalam Alkitab tahun 30-an Al-Kitab itu mengatakan kata tuan, tapi kitab yang sekarang menjadi kata Tuhan,
      Dan itu hanya di terjemahkan di indonesia ini, bahkan dalam Gospel bahasa ingris saja masih mengatakan itu adalah tuan.
      Terjemahan dari Bahasa Aram Ibrani ke bahasa Yunani itu saja sudah membuatnya mengandung banyak arti apalagi dari bahasa yunani itu di terjemahin lagi dalam bahasa ingris.
      Kata2 yang salah mengartikan-Nya seperti kata tuan menjadi Tuhan,
      juga ada kata2 yang mengambil makna lain seperti kata ;
      Bapak Seharusnya kta Tuhan
      Anak Seharusnya kata hamba
      Domba Seharusnya kata umat
      Mesias yang bermakna utusan terakhir
      kalian yang tidak mengkonfirmasi bahasa aslinya tidak bisa mengkonfirmasi kebenarannya.

      berbeda dengan Al-Qur’an, yang walaupun di terjemahkan, bahasa aslinya tetap di jaga, bahkan muslim di wajibkan untuk menghafal Al-Qur’an walaupun hanya surat2 pendek saja. itu yg membuat orang lain tidak bisa mengubah isi Al-Qur’an karna Al-Qur’an sudah di hafal oleh umat2nya, jika ada yg merubah-Nya akan ketahuan. dan umat muslim di madrasah2 juga di ajarin dalam bahasa arab, sehingga dia bisa mengartikan Al-Qur’an kata demi kata.

      Al-Kitab injil ditulis setelah 14+ tahun kematian Yessus, setelah kedatangan Paulus yg mengaku2 sebagai Rasul, dan merubah2 ajaran Yesus , bayangin, betapa bodohnya orang2 itu yg mempercayai dia yg selama ini menjadi musuh Yesus malah menjadi rasul, hanya karna dia bilang dia bertemu Yessus, bahkan saksinya saja tidak jelas siapa saja mereka, dia hanya mengatakan-Nya kepada Barnabas, dan barnabas percaya begitu saja.
      juga pada saat dia menyumpah orang yg mengatakan bahwa dia Nabi palsu dengan kata2 yang berlebihan, dan membuat orang lain buta, sifatnya jauh berbeda dengan Yessus dan Nabi Muhammad Saw, Nabi Muhammad Saw jangankan hanya di katain Nabi Palsu, bahkan Dia juga di timpukin, di ludahin dan di hina2, tapi Rasulluwlah Saw malah mendo’akanya : Ya Allah, Ampunilah mereka, sesungguhnya mereka adalah orang yg tidak tau.

      saya hanya mengatakan sedikit perbandingan antara Al-Qur’an dan Al-kitab. walaupun sebenarnya ada banyak perbandingan antara kedua-NYa.

      1. Daniel Sihombing says:

        Terima kasih untuk tanggapannya yang memperkaya wawasan para pembaca mengenai perbedaan Alkitab dan Alquran. Masing-masing adalah Firman Allah dan telah menjadi panduan bagi banyak orang di dunia.

  3. kim lim says:

    Maaf sebelumnya.. dalam kristen mengenal trinitas.. dimana yesus adalah tuhan.. begini yesus kan disalibkan, kalau yesus tuhan.. apakah mungkin tuhan dibunuh oleh Manusia??.. dan Maria Magdalena, dia adalah salah satu pengikut yesus, bukan.. berarti dia tahu sebagian besar tentang kehidupan yesus..tp tidak banyak yg diungkapkan tentang Maria Magdalena di dalam alkitab??
    Yang ketiga, yudas iskariot,, dia yg menjual yesus bukan.. tetapi tidak ada penjelasan lagi di dalam alkitabkemana yudas iskariot setelah menjual yesus??.

    Saya hanya bertanya ini kepada bapak,, mohon penjelasannya Bapak..

    Terima kasih

  4. see lom says:

    maaf sebelumnya..
    dalam agama kristen dikenal trinitas. dimana diketahui Yesus adalah Tuhan. Yesus kan disalibkan. jadi apakah mungkin Tuhan dibunuh oleh manusia???
    kedua yaitu maria magdalena. dia adalah salah satu pengikut Yesus. jadi dia mengetahui sebagian besar kehidupan Yesus. tetapi di dalam alkitab tidak menjelaskan secara luas tentang kehidupan maria Magdalena??
    ketiga adalah Yudas Iskariot, orang yang menjual yesus. di dalam alkitab juga tidak dijelaskan dimana Yudas Iskariot setelah menjual Yesus??..

    Mohon penjelasannya

    terima kasih

    1. judas says:

      Jangan di bahas mas nanti banyak yg masuk islam..

  5. Keling Keling says:

    Setuju topik di atas, memang kristen dan Islam tidak mungkin sama. Krn kristen menganggap Yesus itu Tuhan sedangkan kami orang islam menyakini tiada Tuhan selain Allah

  6. Yosep says:

    Jangan di bahas mas nanti banyak yg masuk islam
    Mungkin kalau Alkitab tetap ditulis seperti bahasa aslinya , mungkin keaslian dan kemurnianya akan terjaga.

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.