Fakta Kebangkitan Yesus

Share!

Di bagian yang keenam pada pembahasan tema “Perbedaan Kristen dengan Agama Lain Di Dunia“, saya akan mengupas tentang Kebangkitan Yesus.

Ketika Budha, Muhammad, Musa dan tokoh-tokoh besar lainnya ada di kuburnya kini, Yesus tetap hidup dengan Allah Bapa di sorga. Yesus tidak di dalam kubur, sebab Yesus telah bangkit dari antara orang mati.

Fakta Kebangkitan Yesus

Jika Yesus tidak bangkit, Yesus menyangkali apa yang Dia telah katakan sebelumnya. Tapi nyatanya, Yesus telah bangkit dan menang atas maut. Yesus membuktikan apa yang dikatakan-Nya adalah benar. Perkataan Yesus, “Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga,”(Lukas 24:46) telah digenapi oleh kebangkitan-Nya sendiri. Jadi tidak salah lagi, Yesus adalah benar Sang Mesias, Sang Juruselamat itu.

Tapi tetap saja ada orang yang menyangkal kebangkitan Yesus. Mereka beralasan bahwa itu bukan Yesus, namun orang lain. Mayat Yesus dicuri orang, dan alasan-alasan lainnya. Bagaimana bisa menjelaskan hal seperti ini kepada orang-orang yang belum percaya? Adakah fakta kebangkitan Yesus untuk menjelaskannya?

Kita bisa menjelaskannya dengan memaparkan tiga buah fakta berikut.

Fakta kebangkitan Yesus

Yesus sungguh telah bangkit

Fakta kebangkitan Yesus pertama, fakta bahwa seluruh murid yang menyaksikan Yesus telah bangkit, tetap memberitakan kabar kebangkitan itu hingga akhir hidupnya. Mereka tetap setia memberitakan Injil, kabar baik keselamatan yang telah dikerjakan oleh Yesus Kristus. Yesus yang disiksa, mati disalibkan, namun telah bangkit, dan naik ke surga. Hingga akhir hayatnya, mereka tidak pernah membelot, dan berkata hal lain. Sulit terpikirkan bila murid-murid itu sudah berbohong bukan?

Fakta kebangkitan Yesus kedua, sejarah membuktikan bahwa tubuh fisik Yesus Kristus tidak pernah ditemukan. Kalau Yesus tidak bangkit, para penentang pasti telah menemukan bukti tubuh fisik Yesus. Tapi apa yang terjadi? Hingga hari ini pun tubuh fisik itu tidak ditemukan, dan tidak ada catatan apapun mengenainya. Ini adalah bukti krusial bahwa Yesus memang telah bangkit.

Fakta kebangkitan Yesus ketiga, adalah bukti adanya ratusan nubuatan Perjanjian Lama yang ditulis ratusan tahun sebelum Yesus lahir, dan semuanya tergenapi di dalam hidup Yesus Kristus. Tempat kelahiran, di mana Dia tumbuh besar, bagaimana Dia akan disiksa, cara Dia mati, dan kebangkitan, semuanya telah dinubuatkan/ diprediksikan jauh-jauh sebelumnya.

Yesus lahir sebagai manusia. Terlihat lemah dan tak berdaya memang, namun itu membuktikan bahwa rencana Allah selalu digenapi. Sepanjang hidup-Nya, Yesus selalu menderita sengsara. Sedih memang mendengarnya, namun itu membuktikan seluruh nubuatan adalah benar. Yesus mati di kayu salib dan dikuburkan. Rasa hancur hati ini mendengarnya, luluh harapan ini. Namun itu membuktikan bahwa Yesus tidak pernah berbohong, apa yang dikatakan-Nya selalu terjadi. Yesus bangkit dari antara orang mati dan naik ke surga. Ini membuktikan bahwa Yesus Kristus adalah benar satu-satunya Juruselamat dunia.

Apakah ada pesan?