Browse By

Peternakan Sapi Cisarua, Lembang, Bandung

Kunjungan saya ke peternakan sapi Cisarua, Lembang, Bandung hari Sabtu kemarin merupakan pengalaman yang begitu tak terlupakan. Perjalanan cukup jauh yang ditempuh dari Kota Bandung terbayar lunas ketika saya dapat melihat sekitar 60-an sapi perah yang berukuran besar. Suara moo… moo… yang selama ini saya ketahui hanya dari sebuah permainan di Playstation maupun dari acara-acara di televisi akhirnya dapat saya alami sendiri. Sapi-sapi berukuran 2 meter dengan bobot hampir 600 kilogram terhampar di depan mata saya. Mereka makan rumput dan konsentrat dengan lahapnya, hampir sebanyak lima belas kilogram setiap harinya.

Di peternakan sapi Cisarua, Lembang, Bandung

Di peternakan sapi Cisarua, Lembang, Bandung

Mengunjungi Peternakan Sapi Cisarua

Sapi memang luar biasa. Produksi susu yang dihasilkan merupakan salah satu makanan terbaik yang ada di muka bumi. Kandungan susu yang terdiri dari lemak, protein, vitamin, dan beberapa mineral merupakan makanan tambahan yang menyempurnakan seluruh asupan makanan. Tidak salah rasanya jika ada semboyan: 4 Sehat 5 Sempurna dengan susu sebagai komponen terakhirnya.

Saya juga sempat mengunjungi tempat produksi pakan konsentrat yang ternyata dibuat langsung di peternakan. Selain itu, gudang rumput jerami yang menjadi makanan pokok sapi. Ada juga peternakan cacing tanah sebagai usaha sekunder dari limbah kotoran sapi yang juga cukup menguntungkan. Dan terakhir kami mengunjungi tempat pengolahan susu dan juga yoghurt yang menjadi usaha primer peternakan ini.

Peternakan sapo Cisarua tersusun dari bangunan utama yang terdiri dari laboratorium, tempat pengemasan susu dan yoghurt, dan juga kantor terletak di tengah-tengah peternakan tersebut. Sungguh luar biasa ketika saya memperoleh kesempatan untuk bergabung di dalam usaha peternakan sapi perah ini di masa-masa perkuliahan saya. Dan saya bersyukur kepada Tuhan Yesus karena ciptaan-Nya yang berupa sapi-sapi ini benar-benar telah menjadi berkat di dalam kehidupan manusia.

Recommended for you

5 thoughts on “Peternakan Sapi Cisarua, Lembang, Bandung”

  1. ferdian says:

    pak boleh saya minta alamat lengkap ya pak? terima kasih atas bantuanya

  2. Lentji Rinny Ngangi says:

    Mahasiswa dan staf dosen Fakultas Peternakan Universitas Sam Ratulangi Manado, ingin berkunjung kesana pada tanggal 31 juli 2015………hubungi siapa ya////?

  3. Darma Wijaya says:

    Pak, kami mau mengadakan kunjungan kesana sebagai salah satu referensi usaha untuk karyawan kantor.
    Alamatnya dimana ya ? Atau hubungi kmn?

  4. Yunasri Faesal says:

    saya berminat menjadi usahawan sapi potong di lombok ntb ,, saya mau berkunjung ke lembang bang tempat peternakan tersebut,, dimana alamatnya ,, tolong segera kirim , terimakasih

  5. Lewi Moses says:

    Bpk/Ibu, kami dari SMA santa maria monica ingin mengadakan kunjungan ke perternakan bpk/ibu. Untuk membicarakan selanjutnya, adakah nomor atau alamat email yang bisa kami hubungi??. Terikasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.