Browse By

Fakta Alkitab

Alkitab adalah sebuah buku yang luar biasa. Hingga 2000 tahu setelah penulisannya pun, isinya tetap up to date, selalu tepat dengan keadaan jaman. Meskipun menghadapi banyak tantangan dan ancaman, Alkitab tetap berdiri gagah dan menjadi buku terlaris sepanjang masa. Berikut adalah beberapa fakta Alkitab yang menarik yang berhasil saya rangkum dari berbagai sumber.

Fakta Alkitab 1. Penulisan Alkitab

Alkitab ditulis dalam kurun waktu lebih dari 1600 tahun oleh 40 orang. Penulisannya mulai dari tahun 1500 sebelum masehi sampai 100 setelah masehi.

fakta Alkitab

fakta Alkitab

Fakta Alkitab 2. Pembagian Kitab dalam Alkitab

Alkitab adalah sebuah buku yang di dalamnya terdapat 66 buku kecil. Buku Perjanjian Lama berisi kisah-kisah sebelum Yesus lahir di dunia, sedangkan Perjanjian Baru menuliskan hal-hal ketika Yesus hidup dan setelahnya.

Fakta Alkitab 3. Pasal dan Ayat dalam Alkitab

Semua buku dalam Alkitab terbagi menjadi pasal-pasal, kecuali Obaja, Filemon, 2 Yohanes, 3 Yohanes, dan Yudas. Sebab kelima buku ini hanya terdiri dari satu pasal saja. Pasal-pasal ini diperkenalkan tahun 1238 oleh Kardinal Hugo de S. Caro. Baru pada 1551, pasal itu dibagi ke dalam ayat-ayat.

Fakta Alkitab 4. Pasal Terpanjang dan Terpendek dalam Alkitab

Pasal terpanjang adalah Mazmur 119 dengan 176 ayat. Pasal yang terpendek adalah Mazmur 117 dengan 2 ayat saja. Dan kebetulan, Mazmur 118 tepat berada di tengah-tengah Alkitab.

Buku terpanjang dalam Alkitab adalah Mazmur dengan 150 pasal dan 43743 ayat. Buku terpendek adalah 3 Yohanes dengan 1 pasal dan 299 kata.

Ayat terpanjang dalam Alkitab adalah dalam Ester 8:9. Sedangkan ayat terpendek terdapat dalam Yohanes 11:35 yakni “Yesus menangis.”

Fakta Alkitab 5. Klaim Alkitab adalah Firman Allah

Banyak buku yang ditulis dalam beragam kepercayaan. Tapi hanya Alkitab yang mengklaim dirinya sendiri adalah Firman Allah. Mempercayai Allah berarti mempercayai Alkitab yang adalah Firman Allah, dan mempercayai bahwa Allah menginspirasi orang-orang yang menuliskan Firman Allah. Alkitab mencatat lebih dari 3000 kali frase “berfirmanlah Tuhan”. Dan kutipan ini menunjukkan bahwa itu adalah benar Firman Allah.

Fakta Alkitab 6. Alkitab Akurat sesuai Sejarah

Banyak sejarawan-sejarawan sekuler (di luar Kekristenan) yang menuliskan peristiwa-peristiwa yang terjadi dan tepat sama dengan Alkitab. Misalnya saja, Yosephus, seorang sejarawan Yahudi, ada juga Tacitus seorang sejarawan Romawi. Kecocokan tulisan mereka membuktikan bahwa fakta-fakta Alkitab akurat sesuai dengan sejarah.

Fakta Alkitab 7. Perkembangan Alkitab

Ada lebih dari 168 ribu Alkitab yang terjual di Amerika (menurut Badan Misi Gideons). Alkitab juga menjadi buku yang paling laris dalam sejarah manusia dan telah diterjemahkan ke dalam 1200 bahasa.

Fakta Alkitab 8. Alkitab tidak pernah Bertentangan dengan Dirinya Sendiri

Tidak ada ayat yang bertentangan dalam Alkitab, kecuali saat orang salah menafsirkan dan mengartikan konteksnya. Kita akan amat terkejut saat melihat karya 40 orang dalam 1600 tahun, beda latar sosial, budaya, jaman, namun tidak ada yang bertentangan satu sama lain.

Fakta Alkitab 9. Nubuatan dalam Alkitab

Ada 3200 nubuatan yang terpenuhi selama kurun waktu Alkitab ditulis. Luar biasa bukan? Namun tetap masih ada 3100 nubuatan lainnya yang belum tergenapi hingga kini.

 Fakta Alkitab 10. Penulis-penulis Buku dalam Alkitab

Ada sedikitnya 40 penulis buku dalam Alkitab. Dari Musa yang seorang pemimpin revolusioner, Daud seorang Raja yang perkasa, Salomo yang pintar membuat sajak dan puisi, Amos yang seorang petani, Lukas yang seorang dokter, hingga Paulus yang hidup jaman Romawi.

sumber gambar: blogspot

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.