Browse By

Doa pada Pagi Hari (Mazmur 5)

Tiap pagi sebelum pergi ke sekolah, saya dan abang pasti mendengarkan radio pelita kasih. Di pagi hari, lagu-lagu Kristen banyak diputar, dan juga ada pembacaan Firman Tuhan. Karena terkadang masih mengantuk, saya kurang menangkap isi Firman Tuhan lewat radio. Meskipun begitu, saya ingat bertul kalau setiap saya bangun, mama pasti ada di meja makan, sedang berdoa pagi.

Pentingnya Doa pada Pagi Hari

Mama sering menasihati untuk jangan lupa berdoa setelah bangun tidur. Tiap bangun pagi, kita harus mulai dengan berdoa, kita mulai dengan mengucap syukur kepada Tuhan dan meminta penyertaan Tuhan sepanjang hari. Kita juga meminta damai sejahtera dan pertolongan Tuhan dalam aktivitas seharian.

Daud juga memainkan suling dan berdoa kepada Allah di pagi hari. Dalam Mazmur 5:2-4, kita dapat melihat buktinya. “Berilah telinga kepada perkataanku, ya TUHAN, indahkanlah keluh kesahku. Perhatikanlah teriakku minta tolong, ya Rajaku dan Allahku, sebab kepada-Mulah aku berdoa. TUHAN, pada waktu pagi Engkau mendengar seruanku, pada waktu pagi aku mengatur persembahanku bagi-Mu, dan aku menunggu-nunggu.”Kita akan menemukan selanjutnya apa yang dilakukan oleh Daud dan apa yang dikatakannya dalam doanya.

Doa pada pagi hari

Doa pada pagi hari

  1. Dari ayat yang ke-4. Persembahan disini maksudnya bukanlah uang, melainkan segenap hati dan perbuatan pada Tuhan. Daud sedemikian rindunya kepada Allah, dan ingin sekali bertemu dengan Allah dalam doa, sehingga dikatakan dia menunggu-nunggu.
  2. Ayat 5-7. Dengan doanya Daud mengingat kembali perintah dan Firman Tuhan yang telah didengarnya. Bahwa Allah benci terhadap dosa dan tidak berkenan kepada kefasikan. Dengan doanya, Daud juga mempersiapkan diri menjalani kehidupannya dengan tidak berbuat dosa.
  3. Pada ayat 8-9, dikatakan bahwa Daud juga mengingat kasih setia dan anugerah Tuhan yang dialaminya. Kemudian Daud juga mengucapkan itu dalam doanya, mengucap syukur atas segala kebaikan Allah. Daud juga meminta Allah menuntunnya dalam keadilan Allah yang Mahakuasa.
  4. Selanjutnya di ayat 10-11, kita melihat bahwa Daud tidak memusingkan kesalahan-kesalahan orang, apa yang dilakukan oorang terhadapnya. Dengan doanya, Daud belajar untuk berserah kepada Tuhan.
  5. Diakhir doanya Daud bersyukur dan bersukacita karena berkat Allah yang dialaminya tiap hari. Allahlah yang memberkati orang benar dan memagarinya dengan anugerah seperti perisai. (ayat 12-13)

Lewat Mazmur 5, kita bisa belajar pentingnya doa pada pagi hari. Mengucap syukur atas segala berkat Tuhan yang dialami, mengingat kembali Firman Tuhan dan mempersiapkan diri agar tidak sampai jatuh ke dalam dosa, mengampuni dan melupakan kesalahan-kesalahan orang, dan meminta penyertaan Allah dalam hidupnya. Daud yang setia dan sungguh-sungguh berdoa kepada Allah, di akhir hidupnya penuh dengan kegemilangan dan keberhasilan.

Kita juga pasti mau menjadi seperti Daud bukan? Hanya ada satu cara, berdoalah pada Allah dengan setia. Maukah Anda berdoa pagi mulai hari ini.

Sumber gambar : Blogspot

Recommended for you

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.