Browse By

Nusa Penida Part-7 – Puncak Mundi

Hari yang panjang dari pagi sampai malam, saya tertidur pulas sampai pagi hari. Langit sudah cerah ketika saya bangun pagi ini. Sarapan pagi dengan menu nasi kuning juga sudah dibelikan oleh Ibu Nur, hingga kami tinggal makan saja. Hari ini kami akan menyambut kedatangan Pihak Bank Mandiri dan PT. T-Files Indonesia ke Desa Toyapakeh.Sekitar pukul 09.30, kami menjemput tiga orang dari pihak Bank Mandiri di pelabuhan Maruti. Letaknya tidak begitu jauh dari Desa Toyapakeh, dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Tidak lama kemudian, derauan mesin kapal terdengar dari kejauhan dan mulai mendekat ke bibir pantai. Pihak Bank Mandiri telah tiba di mana ada dua orang ibu dan seorang bapak. Kami langsung mengantarkannya ke penginapan di Mutiara, tidak jauh dari Pelabuhan Meruti.

Sebelumnya, Om Deus sudah tiba di rumah. Oky yang menjemputnya di Pelabuhan Buyuk, Nusa Penida. Kami juga sudah mengadakan “rapat kecil” yang membahas keberjalanan acara sampai dengan hari ini, di mana semuanya berlangsung dengan baik. Jadilah setelah kami mengantar pihak Bank Mandiri ke penginapan, kami segera pulang karena sudah waktunya untuk Sholat Jumat. Kami makan siang bersama saat itu di rumah Bapak Mahmudin. Oiya, sepanjang hari itu, ada banyak orang yang datang ke rumah untuk membantu Ibu Nur mempersiapkan makanan untuk nanti malam. Kami memesan 100 paket makanan dan 100 paket jajanan.

Suasana rumah mempersiapkan makanan

Menuju ke Puncak Mundi di Nusa Penida

Siang itu, selepas Sholat Jumat, kami mengadakan rapat di Bungalow Mutiara bersama dengan Pihak Bank Mandiri, Om Deus, Pak Perbekel, dan Pak Mahmudin. Rencana ke depannya dan teknis pertemuan nanti malam bersama masyarakat desa. Siang itu, kami menuju ke Puncak Mundi yaitu titik tertinggi di Pulau Nusa Penida. Perjalanan ditempuh dengan mobil yang sudah disewa oleh Bapak Mahmudin. Keseluruhan pulau dapat terlihat dari tempat setinggi 561 meter ini. Lombok dan Pulau Bali juga terlihat samar-samar karena tertutup oleh awan dan kabut yang cukup tebal siang itu.

Berfoto bersama Om Deus di Puncak Mundi, Nusa Penida, Bali

Berfoto bersama Om Deus dan pihak Bank Mandiri di Puncak Mundi, Nusa Penida, Bali