Browse By

Yesus Tidak Tahu Hari Kiamat?

Dalam forum Kompasiana, pada artikel yang berjudul “Siapakah Yesus yang sebenarnya? Yesus dalam Al-Quran atau Alkitab?” yang saya tulis beberapa waktu lalu, ada sebuah pertanyaan datang. Satu pertanyaan-nya seperti di bawah ini.

Pertanyaan:

Apakah Yesus tidak tahu hari kiamat?

Jika Yesus adalah Tuhan, mengapa ia tidak tahu kapan kiamat terjadi? Apakah Yesus tidak tahu hari kiamat?

Ketika Yesus ditanya kapan hari kiamat itu terjadi, Dia menjawab, “Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja” (Markus 13:32).

Jawaban:

Ayat ini paling sering dipergunakan orang-orang untuk menyerang sifat ke-Allah-an Yesus. Mereka beralasan, karena Yesus berkata Anak tidak tahu, maka Yesus tidak Mahatahu. Dan mereka sampai pada kesimpulan Yesus bukan Allah, sebab Allah Mahatahu. Karena Yesus tidak tahu hari kiamat, maka Yesus bukan Allah.

Bagaimana kita bisa memberi jawabannya? Bagaimana kita bisa mengomentarinya? Berikut saya lampirkan jawaban yang saya sampaikan, setelah bergumul dan mencari beberapa bible commentary.

Markus 13:32: “Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di surga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja.”

Tidak ditulis di sana AKU TIDAK TAHU, melainkan ANAK PUN TIDAK. Ini menunjukkan adanya perbedaan fungsi dan jabatan.

Apakah maksudnya? Sekedar ilustrasi, saat Pak SBY menjadi Presiden RI.

Ketua Umum Partai Demokrat, Pak SBY, tidak bisa memberhentikan Menteri Luar Negeri, tetapi Presiden RI dapat. Pertanyaannya begini: Apakah Pak SBY tidak dapat memberhentikan Menteri Luar Negeri?

Pak SBY sebagai ketua Demokrat memang tidak berwenang memecat Meteri Luar Negeri.

Tetapi Pak SBY adalah Presiden, yang bisa memecat Menteri Luar Negeri.

Jadi bolehkah saya bilang: Pak SBY tidak bisa memecat Menteri Luar Negeri? Tidak bisa.

Sekarang kita kembali pada Yesus.

Yesus sebagai manusia, ‘Anak’, tidak berwenang mengetahui hari Kiamat.

Tetapi Yesus adalah Allah yang Mahatahu.

Bolehkah saya bilang: Yesus sebagai Allah tidak tahu hari kiamat? Tidak bisa.

Sekali lagi perhatikan ini. Yesus tidak mengucapkannya dengan “Aku tidak tahu” tetapi mengucapkannya dengan “Anak tidak tahu”. Penjelasan saya tidak memakai tafsiran-tafsiran, hanya logika sederhana saja. Jadi apakah Yesus tidak tahu hari kiamat? Teman-teman sudah tahu jawabannya.

Recommended for you

264 thoughts on “Yesus Tidak Tahu Hari Kiamat?”

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.