Browse By

Siapakah Yesus yang sebenarnya? Yesus dalam Alkitab atau Al-Quran?

Alkitab dan Al-Quran, dua kitab suci agama di dunia, yakni Kristen dan Islam. Keduanya kadang menceritakan hal yang mirip, namun tidak sedikit pula hal yang bertentangan. Kali ini, dalam bagian yang kedua “Alkitab dan Al-Quran: Sebuah Perbandingan“, saya ingin membahas mengenai Yesus di dalam Alkitab dan Al-Quran.

siapakah Yesus

siapakah Yesus

Siapakah Yesus yang sebenarnya?

Yesus dari Nazaret adalah pribadi paling berpengaruh yang pernah hidup. Dua puluh abad selepas kematian-Nya, daya tarik-Nya tetap abadi. Tayangan televisi “In Search of Jesus” menarik lebih 16 juta penonton di seluruh negara. Film ¬†“The Passion of Christ” juga sukses. Lalu ada pula buku tulisan Dan Brown, “The DaVinci Code“, menjadi buku yang sangat laris sehingga melebihi 100 juta cetakan di dalam 40 bahasa. Ini membuktikan bahwa Yesus adalah pribadi yang penuh pesona dan daya tarik, bahkan hingga hari ini.

Namun, siapakah Yesus yang sebenarnya? Adakah Yesus, seperti yang dinyatakan di dalam Alkitab, adalah  Allah? Atau adakah Dia hanyalah nabi biasa seperti yang telah diajarkan dalam Al-Quran? Siapakah Yesus yang sebenarnya?

Sebelum melihat pembahasannya, kita dapat mengetahui beberapa hal penting tentang Yesus. Saya akan memperkatakan hanya tiga fakta penting mengenai Yesus.

1. Konsep Yesus akan diri-Nya sendiri yang sangat radikal. Al-Quran mengajarkan bahwa Yesus tidak lebih dari sekadar nabi biasa yang memanggil orang untuk menyembah Tuhan yang esa. Namun, Alkitab menjelaskan sifat Ke-Allah-an Yesus. Yesus tidak hanya manusia biasa. Yesus adalah Allah. Lebih lanjut bisa dibaca di sini. (Apakah Yesus Pernah Berkata Dia Adalah Allah?“, “Makna Kata Anak Manusia dalam Injil)

2. Penyiksaan dan penyaliban Yesus. Menurut kitab-kitab Injil, Yesus disiksa atas perintah mahkamah agama Yahudi karena berkata bahwa diri-Nya adalah Allah dan karena mengaku “Raja Orang Yahudi”. Peristiwa penyaliban dan kematian Yesus ini kemudian diulang di dalam Kitab lain, misalnya Kisah Para Rasul dan Surat-Surat Rasul Paulus. Tapi tidak hanya itu saja, tulisan-tulisan lain di luar Alkitab pun mencatat peristiwa kematian Yesus. Misalnya tulisan Josephus seorang sejarawan Yahudi dan Mara bar Serapion seorang penulis dari Syria. Tacitus sejarawan Romawi pun mencatat peristiwa penyaliban Yesus dibawah pemerintahan Pontius Pilatus. Kita bisa melihat bahwa pihak-pihak lain di luar Kekristenan pun mencatat peristiwa penyaliban Yesus.

Dan ini mungkin menjadi kesalahan paling besar dalam Al-Quran (yang katanya diturunkan oleh Allah). Sebab Al-Quran berkata bahwa Yesus tidak disiksa dan disalibkan.

3. Kebangkitan Yesus. Mengenai fakta-fakta kebangkitan Yesus bisa dilihat di sini (Bukti Kebangkitan Yesus“, “Fakta Kebangkitan Yesus).

Recommended for you

Baca Halaman Selanjutnya — 1 2

168 thoughts on “Siapakah Yesus yang sebenarnya? Yesus dalam Alkitab atau Al-Quran?”

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.