Browse By

Kebaktian Keluarga Akhir dan Awal Tahun

Kumpul-kumpul bersama dengan keluarga besar dari pihak mama sudah kami lakukan beberapa tahun belakangan ini. Biasanya, kami berkumpul di rumah Tulang Iren, Tulang Jio, dan sekali di rumah Bapatua Holong, bergantung pada persetujuan sebelumnya. Seingat saya, keluarga kami selalu berkumpul di akhir tahun dan beribadah bersama menyambut awal tahun. Dan di dalam adat Batak, momen awal tahun biasanya digunakan untuk saling memberikan kata-kata (istilahnya, mandok hatta) antar sesama keluarga, yang biasanya diisi dengan permohonan maaf, pengalaman selama setahun, cita-cita/resolusi di tahun mendatang, dan permohonan dukungan dan doa kepada anggota keluarga yang lain.

Kebaktian Keluarga Akhir Tahun

Tahun ini, kami juga tahun baruan bersama di rumah Tulang Iren. Kebaktian keluarga di akhir dan awal tahun, kami menyebutnya. Beberapa hari sebelumnya, sudah direncanakan bahwa tiap-tiap keluarga akan merayakan tahun baru di rumahnya masing-masing dikarenakan ada acara Bona Taon Parmonangan yang juga akan diadakan di rumah Tulang Iren di hari Sabtu tanggal 7 Januari. Mama sudah merencanakan untuk membuat kebaktian bersama dengan Chris dengan menggunakan Skype di malam pergantian tahun. Tiba-tiba rencana berubah total, di tanggal 30 Desember malam, Kak Iren menelepon ke rumah dan mengabarkan tahun baruan yang akan diadakan keesokan hari. Mama disuruh untuk memasak beberapa masakan.

Keesokan harinya, mama sudah membeli bahan-bahan yang akan dimasak, seperti ayam dan bihun pagi-pagi sekali. Rencananya, mama akan memasaknya sore hari setelah pulang ibadah tutup tahun di gereja. Mama dan saya pergi mengikuti ibadah pada pukul 16.00, sedang papa mengikuti ibadah pukul 18.30 karena harus menjaga tukang yang sedang merenovasi rumah. Singkat cerita, kami sudah meninggalkan rumah pukul 22.00, dan menuju ke rumah Tulang Palar di Jatimulya, Bekasi. Setelah itu, kami melanjutkan perjalanan menuju ke rumah Tulang Iren.

Tiba di rumah Tulang Iren, ternyata Bapatua Holong dan Tulang Maru sudah datang. Sempat berbincang-bincang sebentar dan makan bersama, ternyata jam sudah menunjukkan pukul 00.00, yang berarti kami sudah berada di tahun yang baru. Kebaktian pun dimulai dengan susunan ibadah HKBP Pondok Bambu, di mana kami semua duduk berkeliling.

Sungguh suatu anugerah bagi saya pribadi saat kami dapat berkumpul dan beribadah bersama untuk mengawali tahun baru ini. Banyak nasehat yang saya terima secara pribadi, dan semuanya itu menjadi pacutan bagi saya untuk menjadi lebih baik lagi di tahun ini. Berdoa bersama juga memberikan kami kekuatan dan keberanian untuk bersama-sama melangkah di tahun baru ini di dalam satu keluarga.

Acara kebaktian selesai kira-kira pukul 03.30. Beberapa langsung tertidur pulas dan para orangtua masih melanjutkan pembicaraaan mengenai beberapa hal. Pagi harinya, kami pergi ke gereja bersama di HKBP Pondok Bambu pukul 09.30, untuk mengikuti ibadah minggu awal tahun. Pulang dari gereja kami makan bersama dan sempat berfoto bersama. Kenangan di awal tahun ini memberikan saya sebuah pengalaman baru untuk bisa lebih berkarya di tahun mendatang. Amin.

Recommended for you

One thought on “Kebaktian Keluarga Akhir dan Awal Tahun”

  1. Trackback: 1expedia

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.