Quantum Condition dan Persamaan De Broglie

Mari kita mengingat kembali aturan quantum condition buatan Niels Bohr. Menurut quantum condition, keliling dari satu orbit elektron adalah kelipatan bilangan bulat tertentu.

2πr X mv = nh

Quantum Condition

Kemudian, sesuai dengan ide Louis de Broglie, syarat agar gelombang tetap ada, panjang gelombang haruslah kelipatan bilangan bulat tertentu. De Broglie memperhatikan dua persamaan ini dan dia sadar bahwa ini adalah kunci sekaligus jawaban atas quantum condition.

Bohr sendiri yang mengajukan quantum condition tidak bisa menjelaskan apa maksud dari quantum condition dan manfaatnya dalam atom. Itu karena dulu Bohr juga berpikir bahwa elekron bersifat partikel. Tapi kini, saat De Broglie mengajukan sifat gelombang dari elektron, maksud dari quantum condition jadi jelas. Quantum condition adalah syarat mutlak dan satu-satunya untuk menjaga sifat gelombang dari elektron. Hanya karena quantum condition sifat gelombang dari elektron tetap ada.

Persamaan De Broglie

Tambahan lagi, Louis de Broglie sebelumnya telah mengajukan persamaan.

h= p λ
λ = h / p

Dia kemudian memasangkan persamaan itu ke quantum condition, dan hasilnya tepat sama. Dengan begitu terbukti ada hubungan antara quantum condition dan persamaan De Broglie. Kesimpulannya, persamaan De Broglie membuktikan sifat gelombang dari elektron sekaligus cara untuk menjelaskan quantum condition.

Hipotesis de Broglie

Hipotesis Louis de Broglie tentang sifat gelombang dari elektron

Hipotesis Louis de Broglie

Gambaran Gelombang de Broglie dalam sumbu matematika. Bagian bilangan asli dari fungsi gelombang digambarkan dengan warna biru dan bilangan imajiner dengan warna hijau. Probabilitas atau peluang ditemukannya elektron digambarkan dengan gradasi warna kuning. Semakin tinggi nilai bilangan asli dan imajiner maka peluang ditemukannya elektron semakin besar, digambarkan dengan warna kuning yang makin tebal. Inilah makna fungsi gelombang Ψ.

Baca Halaman Selanjutnya — 1 2