Browse By

Motivasi Melayani

Mengapa melayani? Kalau pertanyaan ini diarahkan kepada kita, apa jawaban kita? Karena ingin aktif di gereja atau di persekutuan. Karena ingin memanfaatkan talenta untuk pekerjaan Tuhan. Atau mungkin ada alasan yang lainnya. Memutuskan terlibat dalam suatu pelayanan memang mudah, tapi tidak mudah untuk tetap terus melayani. Mengapa? Karena setelah memulai pelayanan kita akan menghadapi berbagai ujian dalam pelayanan. Hubungan dengan sesama pelayan, kelelahan karena beratnya pelayanan dan lainnya. Namun, satu hal yang paling sering membuat kita jatuh adalah motivasi ingin dipuji dan diperhatikan. Ketika kita tidak lagi dilihat atau diperhatikan, motivasi melayani jatuh dan kita bisa berhenti dari pelayanan.

Motivasi Melayani yang Benar

Untuk itulah sangat penting bagi kita untuk memulai pelayanan dengan motivasi yang benar. Motivasi melayani yang benar adalah ucapan syukur karena kasih dan keselamatan yang telah Allah limpahkan dalam kehidupan kita. Hanya dengan motivasi demikianlah kita bisa mengatasi tantangan dan kesulitan dalam pelayanan.

Saat kita menerima tugas pelayanan dengan motivasi melayani yang baik, Tuhan juga melengkapi kita dengan karunia-karunia rohani. Tujuannya adalah supaya setiap kita yang melayani dapat bekerja dengan semaksimal mungkin dan bagi kemuliaan Allah. Berikut adalah beberapa ayat yang menunjukkan bahwa Allah memperlengkapi orang-orang yang melayani.

Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama, demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain. Demikianlah kita mempunyai karunia yang berlain-lainan menurut kasih karunia yang dianugerahkan kepada kita: Jika karunia itu adalah untuk bernubuat baiklah kita melakukannya sesuai dengan iman kita.
Roma 12:4-8

Jika ada orang yang berbicara, baiklah ia berbicara sebagai orang yang menyampaikan firman Allah; jika ada orang yang melayani, baiklah ia melakukannya dengan kekuatan yang dianugerahkan Allah, supaya Allah dimuliakan dalam segala sesuatu karena Yesus Kristus. Ialah yang empunya kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya! Amin.
1 Petrus 4:11

Juga ayat lainnya seperti dalam 1 Korintus 12:6-11, 1 Korintus 12:27-31, dan Efesus 4:7-13

Tuhan telah memperlengkapi kita anak-anaknya supaya bisa melayani dengan baik. Jadi tunggu apa lagi? Mari ikut serta dalam pelayanan pekerjaan Tuhan! Tapi ingat motivasi pelayanan harus benar. Semua hanya dari Tuhan, oleh Tuhan, dan bagi Tuhan. Bukan untuk diri sendiri.

Motivasi melayani yang benar

Motivasi melayani yang benar

Baca juga artikel-artikel dalam tema Pelayanan

Sumber Gambar: stsatlanta.org

Recommended for you

5 thoughts on “Motivasi Melayani”

  1. Claudia says:

    Ijin share ya..

    1. Daniel Sihombing says:

      Silahkan claudia.

  2. Anonymous says:

    Wow bagus sekali

    1. Daniel Sihombing says:

      Terima kasih untuk tanggapannya pak. Semakin semangat untuk melayani. Tuhan memberkati.

  3. prof.x says:

    terkadang ada divisi yg dianggap lebih penting dr divisi2 lain, celakanya ini dilakukan oleh leader, kl pas ngomong aja bilangnya ‘kita satu tubuh’, ‘upahnya sama satu dinar’, tp kenyataannya tidak

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.